menguak tren 2010

Posted: Maret 29, 2010 in management

Menguak 9 Tren 2010

Apa saja trend perkembangan global yang paling mewarnai kehidupan ekonomi dan bisnis 2010

1.       Gelombang besar teknologi sosial dan virtual

Teknologi sosial akan semakin menjadi trend global sehingga pengguna facebook akan mencapai setengah miliar orang dan dunia hiburan diilhami oleh teknologi virtual  dan manusia nyata bisa bertemu dengan makhluk digital didunia.

2.       Wabah kecerdasan kolektif

Perusahaan kelas dunia mulai memanfaatkan kecerdasan kolekif (collective intelligence) dengan menampung individu yang tersebar diseluruh dunia. Lebih banyak yang mikir lebih efektif solusinya.

3.       Demokratisasi kewirausahaan dunia

Semakin berkembangnya teknologi informasi  membuat makin banyak penduduk  didunia yang mendirikan usaha. Kewirausahaan bukan lagi monopoli perusahaan besar dengan modal besar.

4.       Ekonomi “hijau”

Dunia akan memasuki kebiasaan yang ramah lingkungan, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan rumah tangga.

5.       Semaraknya model bisnis alternatif

Dunia bisnis tela lahir media alternative berbasiskan mobile dan online disamping media tradisional seperti televise, radio dan media cetak.

6.       Inovator “menghancurkan” dari Cina dan India

Inovasi yang tidak sempurna, namun dengan label harga yang murah secara perlahan telah menggerogoti pasar menjadi strategi jitu usaha kecil dan menengah dalam menumbangkan usaha besar yang mejadi jawara bertahan.

7.       Dunia Barat mulai merangkul dan belajar dari dunia Timur

Investor terkemuka dunia Jim Rogers mengatakan ”if you were smart in 1807 you moved to London, if you were smart in 1907 you moved to New York city, and if you are smart in 2007 you move to Asia

8.       Berakhirnya inovasi keuangan yang tak teruji

Pasca krisis global dunia keuangan di AS dan Eropa mulai menekankan pentingnya produk keuangan dengan resiko yang lebih teruji sebagai bagian dari good governance.

9.       Lahirnya paradigm pemikiran design

Paradigma baru ini berguna untuk menyeleaikan berbagai masalah dunia seperti untuk mendesain solusi untuk mengenatskan kemiskinan, masalah polusi, masalah social, masalah produk/jasa baru.

Oleh: DR. Yanto Chandra (Assistant Professor  di Amsterdam Business School, University of Amsterdam, the Netherlands)

Sumber:  Majalah Investor, Februari 2010

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s