profil cefeindo

Posted: Maret 28, 2011 in Uncategorized

Profil cefeindo
ORGANISASI
CEFEINDO merupakan Asosiasi CEFE Indonesia dan merupakan organisasi yang dinamis berorientasi pada pengembangan dan inovasi. CEFEINDO meyakini bahwa kewirausahaan memiliki memainkan peranan kunci dalam pembangunan nasional.
VISI
Visi yang dikembangkan adalah menjadi organisasi yang dikenal secara luas sebagai jejaring yang mempromosikan pengembangan kewirausahaan melalui pendekatan CEFE.
MISI
Dengan demikian kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan programatik dan kegiatan yang bertujuan untuk mengelola dan mengempangkan usaha yang berkualitas sekaligus sebagai katalisator kewirausahaan dan memberikan bimbingan pada perusahaan dengan menerapkan sistem berbasis program CEFE di Indonesia. Dengan misi ini, kami memberikan pelayanan dan penyediaan jasa dengan excellence, penuh dedikasi, inovasi, solidaritas, kompetensi & profesionalisme.
PROGRAM
CEFEINDO menawarkan seperangkat lengkap instrumen pelatihan yang didesain untuk menstimulasi secara positif usaha mikro, kecil dan menengah dan memberikan intervensi kontributif proses pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah pada pembangunan nasional. Dengan menggunakan metode pembelajaran eksperiensial untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi-kompetensi dalam dua kelompok aktor yang esensial:
• wirausaha yang telah ada maupun potensial – jadi mereka dapat ditingkatkan usahanya dan kinerja bisnisnya
• lembaga yang mendukung pengembangan usaha – jadi mereka dapat meningkatkan dan didorong untuk menciptakan lingkungan usaha yang lebih baik
sampai
• bisnis-bisnis, baru maupun yang telah ada
• pendidik
• pengambil keputusan dan kebijakan, yang menerapkan program
• beragam kelompok sasaran, petani, nelayan, koperasi, dll.
TANTANGANNYA ADALAH UNTUK…
• menciptakan lapangan kerja dan berkelanjutan –
Ketahanan kerja dan tingkat pendapatan yang mapan semakin langka di masa sekarang dan akan demikian seterusnya di masa yang akan datang. Peran tradisional laki-laki dan perempuan, amangers, karyawan dan wirausahawan tengah mengalami perubahan. Secara gradual, beberapa individu ingin memampukan diri agar dapat memobilisasi sumberdayanya baik personal maupun teknikal sekaligus finansial dan dukungan yang niscaya bagi proses perubahan yang dapat dikendalikan dan menjadi lebih baik.
• mempromosikan kewirausahaan di setiap sektor ekonomi-politik –
Dampak dari ekonomi pasar modern meningkatkan kebutuhan akan kreativitas, kesungguhan dan ketekunan, profil lak-laki dan perempuan wirausaha yang mampu untuk mengkomunikasikan gagasan cerdas dan kerja praksis yang efektif di tengah-tengah lingkungan yang senantiasa berubah dan sangat kompleks. Beberapa kecakapan yang penting sangatlah bermanfaat dan berdayaungkit bagi perubahan untuk membantu orang-orang mencapai lebih dari sekedar keadilan berpendapatan dan kesempatan yang setara di tengah-tengah masyarakat.
karena…
• jumlah penduduk dunia sedang meningkat pada saat yang sama jumlah daya serap industri terhadap angkatan kerja baru semakin tidak banyak berubah, apalagi bidang pekerjaan yang stabil dan full time. Usaha mikro, kecil dan menengah malahan telah dikenal sebagai kekuatan dinamis bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan redistribusi pendapatan di tengah-tengah masyarakat. Laki-laki dan perempuan yang membuka dan menjalankan usaha ini membutuhkan dukungan dan pelatihan agar dapat meningkatkan kapasitas personal, teknis dan kecakapan finansialnya yang selama ini tampak renggang dan kurang. Pendidikan tradisional dan pelatihan yang ada mengabaikan kebutuhan yang real sehingga kelangkaan akan kecakapan semakin nyata.
PENDEKATAN YANG DITAWARKAN
memberdayakan orang per orang untuk mengembangkan (lebih lagi) perilaku kewirausahaan melalui:
• pengembangan diri mereka sendiri –
partisipan menjadi lebih awas dan sadar terhadap diri sendiri, kecakapannya, kekuatan dan kelemahannya, nilai-nilai dan motivasinya, sumberdaya yang ada dan semua kemampuan melalui partisipasi penuh dalam kursus pembelajaran CEFE. Sekali mereka awas dan menyadari akan kapabilitas yang dimiliki sebagaimana mungkin kekurangan dan keterbatasan yang ada, mereka bisa memulai untuk bekerja pada diri mereka sendiri dalam konteks lingkungan pembelajaran yang aman dan terkendali.
• pengembangan kecakapan mereka –
pengetahuan akan kecakapan teknis manajerial sangatlah dibutuhkan menjadi pelengkap proses pembelajaran individual. Pemasaran, produksi, menejemen dan organisasi, finansial, dan perencanaan usaha adalah elemen kunci dari seluruh proses ini.
• meningkatkan lingkungan yang kondusif –
pengambil keputusan dan staf di dalam lembaga atau badan pemerintah atau pendukung memainkan peranan vital untuk membolehkan para wirausaha beraksi, dan sudah semestinya dilibatkan di berbagai proses pembangunan. Melalui partisipasi dalam lokakarya yang apresiatif seperti ini akan menjadikan berbagai pihak terutama pemerintah memahami masalah yang dihadapi oleh para pengusaha dan wirausaha, dan dengan demikian dapat merespon berupa dukungan yang tepat sesudahnya.
sebagai konsekuensinya CEFE adalah…
• berorientasi ke subyek partisipan
partisipan haruslah menjadi pemilik dan mengatur proses dari pembelajaran diri mereka sendiri yang difasilitasi oleh pelatih CEFE.
• berorientasi pada tindakan aksi
program CEFE adalah dipandu oleh prinsip-prinsip pembelajaran tindakan dan berbasis pengalaman. Dengan cara demikian, partisipan bekerja dalam masalah yang praktikal, mengeksplorasi diri mereka sendiri dan membangun hubungan antara teori dan praktek.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s